FORMULA PAKAN


Dalam usaha beternak Itik petelur pengetahuan tentang nutrisi pakan sangatlah menunjang kesuksesan usaha. Dewasa ini banyak terdengar kabar bahwa banyak peternak itik yang gulung tikar (rugi) diakibatkan produtivitas telur rendah sehingga tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Biasanya ini dialami oleh peternak pemula yang kurang pengetahuan dan pengalaman baik saat pemilihan calon indukan yang baik, sistem perkandangan yang kurang ideal dan yang tak kalah penting adalah pengetahuan tentang ransum pakan Itik petelur.

Berbicara masalah ransum pakan yang merupakan salah satu faktor penunjang sukses dalam beternak itik petelur, sebenarnya masing – masing peternak memiliki resep tersendiri yang tidak serta merta bisa diterapkan oleh peternak lain. Berdasarkan pengalaman saya yang terpenting adalah kecukupan nutrisi pakan terpenuhi dengan kwalitas pakan yang terseleksi.Mulai kebutuhan karbohidrat dan lemak sebagai sumber kalori ( 2700-3300kkal), Protein (17-18), Mineral dan Air yang cukup.

Beberapa sumber karbohidrat dan lemak yang sering digunakan oleh peternak diantaranya : Dedak Padi (kw1), Kebi (hasil poles beras), Jagung, Nasi aking dll, untuk bahan sumber protein bisa menggunakan Konsentrat pabrikan, tepung ikan, kepala udang dll, sumber mineral bisa menggunakan mineral pabrikan, Kupang ,dll.

Saya dan komunitas peternak sudah pernah menggunakan berbagai macam bahan pakan yang akhirnya kami menyimpulkan bahwa dalam penyusunan ransum pakan itik petelur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

1.      Gunakan bahan pakan yang ada disekitar Anda yang mudah didapat dan ketersediannya cukup.Karena  penggunaan bahan baku pakan yang berubah- ubah dapat menyebabkan itik stres, dan produktivitas telur menurun.
2.      Gunakan bahan pakan dengan harga seekonomis mungkin dan kwalitas baik.

Kita sebagai peternak tidak harus menggunakan ransum pakan yang telah diterapkan oleh peternak didaerah tertentu, karena belum tentu cocok dan belum tentu ketersediaan bahan pakan yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah.Yang terpenting adalah kebutuhan karbohidrat, lemak, protein dan mineral tercukupi walaupun menggunakan bahan bahan yang berbeda.
Karena daerah kami (Jombang dan sekitar) merupakan daerah pertanian maka Kami menggunakan Dedak padi (bekatul KW 1), Konsentrat Pabrikan, dan mineral tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Itik petelur Kami.Komposisisinya sebagai berikut :

Utuk 100 ekor itik
Dedak Padi KW1 10 Kg x Rp.3.000,-           = 30.000,-
Konsentart 144 4Kg x 5.500,-                        = 22.000,-
Mineral 1 Ons                                                 =      300,-
Total Biaya pakan                                           = 52.300,-

Pakan diberikan 2 kali dalam sehari, pagi hari dedak padi 5 kg+konsentarat 2 kg+mineral 0.5 ons, begitu juga sore hari.
Jika Itik bertelur 70%= 70 butir x 1100          = 77.000
Biaya Pakan                                                    = 52.300,-
Keuntungan / hari                                           = 24.700 x 30 hari = 741.000/ bulan

Biaya Produksi diatas adalah biaya produksi tertinggi berdasarkan pengalaman kami, Jika musim panen Harga dedak padi hanya 2.000/kg, dengan kwalitas pakan yang baik dan  perlakuan perwatan yang baik, serta ketersediaan air tercukupi produktivitas telur bisa mencapai 95%. Harga telur 1.100 merupakan harga telur terendah, dibulan Desember  s/d Juni harga telur mencapai 1300 – 1.575..Jadi InsyaAlloh keuntungan bisa lebih dari asumsi diatas.

Berikut ini Simulasi untuk 1000 ekor Itik Petelur ( asumsi harga dedak 2.500/kg, Harga Telur 1300/butir)

Dedak Padi 100 kg x 2.500                            = 250.000,-
Konsentrat 40kg x 5.500                                = 220.000,-
Mineral                                                            =     3.000,-
Total    Biaya Pakan                                        = 473.000,- / 1000 ekor/ hari

Asumsi Produktivitas Itik 70 %
700 butir x 1.300                                             = 910.000,-
Laba                                                                = 910.000 – 473.000
                                                                        = 437.000 / hari
Laba /Bulan                                                     = 13.110.000,-

Berdasarkan pengalaman kami penggunaan dedak padi dalam ransum pakan Itik petelur sangat membantu menekan bau bila dibandingakan menggunakan campuran kepala udang ataupaun tepung ikan. Penggunaan Jagung yang tidak terjaga kekeringannya saat penyimpanan juga bisa menurunkan produktivitas telur itik.

Organ pencernaan itik sangatlah sensitif terhadap ransum yang dikonsumsi. Pemberian pakan yang berubah-ubah dapat menyebabkan pengaruh buruk dan dapat membuat itik stres yang  berakibat itik tidak bertelur. Jadi cara pemberian ransum yang baru atau menambahkan bahan baku ransum yang baru adalah dengan memberikan secara bertahap artinya ransum yang baru tidak boleh langsung diberikan pada ternak.

Cara pemberian pakan baru yang baik adalah pemberian secara bertahap yaitu pada hari pertama ransum baru diberikan sebesar 5% dari total pakan harian kemudian tambahkan jumlahnya pada hari-hari berikut.
Demikian cara menyusun pakan itik dengan memanfaatkan bahan baku pakan yang murah dan mudah didapatkan serta memiliki nilai ekonomis, dengan harapan artikel ini dapat menjadi acuan bagi peternak dalam menyusun pakan ternak itik secara mandiri.



CARA PEMBERIAN PAKAN
Berdasarkan penglaman kami, Itik diberi makan 2 kali sehari pagi (sekitar jam 7 pagi) dan sore hari (sekitar jam 4 sore).Sebelum pemberian pakan pagi harisebaiknya telur di ambil / dikumpulkan terlebih dahulu agar tidak terinjak-injak itik saat pemberian pakan. Setelah selesai pemberian pakan dan minum sebaiknya kandang ditutup sampai jam 2 siang untuk memberikan kesempatan itik untuk istirahat dan pembentukan telur baru.Dalam satu hari rata2 menghabiskan 1,2 ons pakan/ ekor itik, untuk 1000 ekor itik membutuhkan konsentrat petelur 144 sebanyak 40 kg, dan dedak 80kg.

Semoga bermanfaat!  Salam Sukses

Abu Mohammad
Call center 0812 3312 9267 email : kebonternak@yahoo.com / bebekbaik@ymail.com
Facebook : abu mohammad / bebekbaik@ymail.com

1 komentar:

  1. berapa kandungan EM, lys, meth, & tripophan CP 144, karena unsur2 tersebutsangat penting bagi penyusunan ransum komplit

    BalasHapus